Minggu, 20 November 2016

Perangkat Keras Komputer Kasir

komputer kasir
Hardware komputer kasir
Komputer kasir atau yang sering disebut dengan POS (Point Of Sales) adalah sebuah sistem yang dibuat untuk menangani permasalahan penjualan. Komputer kasir biasanya banyak digunakan pada industri retail seperti mini market, supermarket, alfamart dll berbagai perusahaan retail lainnya yang menangani baik itu penjualan retail, wholesale, sampai dengan masalah inventori barang.

Nah, kesempatan kali ini kita akan mengulas beberapa perangkat keras yang biasa digunakan komputer kasir. Adapun perangkat keras yang sering di jumpai pada komputer kasir dapat di jelaskan seperti berikut ini.

1. CPU


Pada setiap komputer pasti selalu menggunakan cpu. Seperti yang kita ketahui cpu merupakan otak atau inti dari sebuah computer itu sendiri. Pada komputer kasir ada beragam bentuk cpu yang biasa di gunakan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan si pemilik, ada yang berbentuk sama dengan komputer pc pada umumnya, dan ada pula yang berbentuk kecil dan terintegrasi antara cpu dan monitor serta menggunakan teknologi layar sentuh atau touchscreen.

2.Monitor


Monitor digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan yang telah dilakukan komputer agar antara pengguna dengan komputer dapat berinteraksi dengan mudah. Nah, dapat anda bayangkan kan bagaimana jadinya apabila monitor atau penampil hasil komputer tidak bisa dilihat? Yang jelas pasti anda tak akan dapat berbuat banyak selain hanya menari-nari di depan komputer tersebut. 

3.Barcode scanner


Dari namanya Barcode scanner berfungsi untuk menyecan atau membaca barcode/baris kode dari setiap item produk, dengan adanya barcode scanner maka kasir tidak perlu memasukkan kode secara manual, cukup dengan scan barcode maka informasi dari item pun segera di tampilkan seperti nama barang, harga dan sebagainya.

4.Printer


Printer berfungsi untuk mengeprint atau mencetak setiap transaksi yang telah terjadi dan selanjutnya hasilnya diberikan kepada pelanggan sebagai bukti pembelian.

5.Drawer


Drawer atau biasa disebut laci komputer kasir merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan uang hasil penjualan baik itu uang kertas atau uang koin. Dalam sistem komputer kasir, drawer akan terbuka otomatis pada saat transaksi telah selesai, dengan demikian kasir akan lebih mudah dalam memasukkan uang atau mengambil uang kembalian dari dalam laci tersebut.

6.Customer Display (CDS)


Customer display ini digunakan untuk menampilkan informasi barang yang di beli oleh pelanggan. Saat barang berhasil di scan dengan barcode scanner maka CDS akan memunculkan informasi terkait barang tersebut agar dapat di lihat oleh pelanggan.

Segera Hubungi kami Save Komputer profesional

085230956563